🔔 Dapatkan Template ini Disini dan Ikuti kami di Google News!

Aplikasi Rapot Sekolah Penggerak SD SMP SMA Dan SMK

Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak Versi terbaru Tahun 2021/2022 untuk Sekolah jenjang SD SMP SMA dan SMK
Please wait 0 seconds...
Gulir ke bawah dan klik Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

 

Aplikasi Rapot Sekolah Penggerak SD SMP SMA Dan SMK

Release Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak

BerkasPedia.com Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak Versi terbaru Tahun 2021/2022 untuk Sekolah jenjang SD SMP SMA dan SMK yang telah dilengkapi dengan format Rapot Sekolah Penggerak.

Sahabat Data semua, selamat berjumpa kembali di website yang menyajikan seputar informasi terkait pendidikan terbaru dan ter update.

pada kesempatan kali ini admin berkaspedia.com akan memberikan informasi penting seputar dunia pendidikan khususnya bagi sekolah yang masuk sebagai Sekolah Penggerak, seperti yang kita ketahui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merilis Merdeka Belajar Sekolah Penggerak. Program ini merupakan kolaborasi antara Kemendikbud dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, dan pendampingan pemerintah daerah.

Program Sekolah Penggerak merupakan salah satu program yang mendorong satuan pendidikan (sekolah) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik secara holistik dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan berfokus pada kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan peningkatan kompetensi kepala satuan pendidikan (kepala sekolah) dan guru. Selanjutnya, setelah sekolah mampu melakukan transformasi diri, Sekolah Penggerak diharapkan dapat menjadi katalis bagi sekolah-sekolah lain sehingga pemerataan mutu pendidikan dapat terjadi secara luas dan merata di seluruh Indonesia. 

Disisi lain, dalam pelaksanaan penilaian oleh guru sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran,  sekolah sangat memerlukan tools/alat bantu khususnya dalam rangka melakukan pengolahan dan pelaporan penilaian peserta didik yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Sekolah Penggerak. Namun hingga saat ini, walaupun Kurikulum SP sudah berjalan hampir 1 semester, belum juga ada  aplikasi pengolahan penilaian yang dikeluarkan oleh pemerintah secara nasional, padahal aplikasi tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka menyusun dan melaporkan hasil pembelajaran siswa di akhir semester ini.

Baca Juga :  Aplikasi Administrasi Ujian Lengkap UTS UAS UN US UM Excel

Berangkat dari kebutuhan tersebut, seorang pendidik dan praktisi pendidikan dari Kabupaten Karangasem, Propinsi Bali, I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd yang juga merupakan Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 4, telah mencoba mengembangkan suatu aplikasi manajemen penilaian yang kemudian diberi nama “Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP)”. Aplikasi ini dikembangkan sebagai wujud aksi nyata implementasi peran dan nilai guru penggerak di lingkungan pendidikan. Pengembangan aplikasi Rapor SP ini didasarkan atas kajian pengembang terhadap panduan pembelajaran dan penilaian sekolah penggerak serta pengalaman pengembang  sebagai seorang pendidik sehingga berhasil membuat fitur-fitur yang komunikatif, informatif, dan  komprehensif (menyeluruh) untuk dapat memberikan gambaran tentang hasil belajar peserta didik.

Jadi Aplikasi Rapor-SP adalah aplikasi/perangkat lunak berbasis web yang berfungsi sebagai manajemen penilaian yang komperehensif dan terpadu untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan baik pada jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak / Sekolah Pusat Keunggulan.  

Baca Juga : Contoh Program Kerja PAS & PAT (Semester Ganjil/Genap) SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK

Secara teknis Aplikasi Rapor-SP didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh Setditjen Dikdasmen. Aplikasi Rapor-SP menggunakan data dari Aplikasi Dapodik sebagai sumber data/referensi dalam pengelolaan data penilaian di sekolah. Selain mengintegrasikan dengan dapodik, Aplikasi Rapor SP juga dapat mengakomodir data guru yang belum terdaftar di dapodik serta dapat menyesuaikan data wali kelas dan pembelajaran secara lokal tanpa mempengaruhi aplikasi dapodik.

Dengan mengusung moto “dari CGP untuk Sekolah Penggerak", pengembang telah mendedikasikan aplikasi tersebut untuk dapat dimanfaatkan secara gratis bagi sekolah yang memerlukan aplikasi Rapor khususnya untuk sekolah penggerak / Sekolah Pusat Keunggulan.

Link Aplikasi Raport-SP


  • Aplikasi Raport Sekolah Penggerak (Raport-SP) ( DISINI )

Tujuan Admin berkaspedia.com membagikan Aplikasi ini untuk bisa membantu para guru yang saat ini menjalankan tugasnya di rpgogram Sekolah Penggerak sehingga saat melakukan pengolahan nilai dapat dengan mudah melakukannya dengan Aplikasi Rapot ini.

Demikian informasi mengenai Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak yang bisa Admin bagikan pada postingan kali ini, dan sebagai bentuk penghormatan, apresiasi dan penghargaan maka Admin sangan berterimakasih kepada para pengembang Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak ini serta telah membagiakan aplikasi Rapor Sekolah Penggerak secara geratis dan dibagka secara publik sehingga membantu para guru dalam mengolah nilai Rapor pada Seolah Penggerak.

Aplikasi Rapot Sekolah Penggerak SD SMP SMA Dan SMK

Penutup

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Aplikasi Rapot Sekolah Penggerak SD SMP SMA Dan SMK. Semoga Bisa Menambah Pengetahuan Kita Semua.Semua.👋

Apa Reaksimu setelah membaca Aplikasi Rapot Sekolah Penggerak SD SMP SMA Dan SMK.

About the Author

Terimakasih Saya Ucapkan telah mengunjungi website saya, Semoga SobatTerhibur....

1 komentar

  1. Terimakasih infonya
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close