🔔 Dapatkan Template ini Disini dan Ikuti kami di Google News!

Program Kerja PAS & PAT Semester Ganjil dan Genap SD MI SMP MTs SMA SMK Terbaru

berikut ini adalah contoh program kerja penilaian akhir tahun atau bisa juga di gunakan untuk penilaian akhir semester untuk semua jenjang
Please wait 0 seconds...
Gulir ke bawah dan klik Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Program Kerja PAS & PAT Semester Ganjil dan Genap SD MI SMP MTs SMA SMK Terbaru

Berkaspedia.com Contoh Program Kerja PAS (Penilaian Akhir Semester) dan Program PAT (Penilaian Akhir Tahun) SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK 2021 -- PAS (Penilaian Akhir Semester) dan PAT (Penilaian Akhir Tahun) merupakan program ulangan/penilaian siswa yang dilaksanakan setiap akhir semeseter ganjil dan semester genap. 


Penilaian ini meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian PAS ini tentunya berpatokan pada jumlah Kompetensi Dasar dalam satuan mata pelajaran yang telah disampaikan oleh guru bidang studi selama satu semester.


Penilaian Akhir Semester (PAS) wajib dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur dan mengevaluasi sejauhmana kemampuan peserta didik dalam menyerap dan mengaplikasikan berbagai materi pelajaran selama kurang lebih 6 bulan.


Tidak hanya mengevaluasi peserta didik, PAS/PAT juga harus menjadi bahan evaluasi sumber belajar utama yaitu Guru. Sehingga suksesnya pelaksanaan PAS dan PAT pada dasarnya merupakan sinergitas antara peran guru dan kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran.


Namun Pelaksanaan PAS dan PAT bukan satu-satunya alat ukur kemampuan siswa baik itu dari segi kognitif, apektif dan psikomotor dalam dua semester. Yang paling penting ialah seberapa berhasilnya kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran sehari-hari.

Sehingga guru dalam melaksanakan penilaian tidak hanya berpatokan pada hasil nilai PAS/PAT tapi lebih menekankan penilaian sehari-hari.


Baca Juga : Apa Itu Asesmen Nasional

Ketika Pelaksanaan PAS dan PAT seringkali guru sulit membuat program yang terukur dan terencana, padahal program tersebut sudah menjadi agenda tahunan di sekolah/madrasah.

Untuk itu saya share salah satru contoh program PAS dan PAT khususnya di SMP/MTs. Program ini dalam daftar isinya meliputi:

  1. Latar Belakang;
  2. Dasar Hukum;
  3. Program Kerja;
  4. Maksud dan Tujuan;
  5. Sasaran Program Kerja;
  6. Ruang Lingkup (Meliputi: jumlah peserta, pembagian ruangan, jadwal pelajaran, jadwal pengawas, pemeriksaan);
  7. Sistematika Pembagian Tugas;
  8. Susunan Panitia;
  9. Rincian Tugas Panitia;
  10. Jadwal Kegiatan PaS/PAT;
  11. Rincian Anggaran, dan
  12. Penutup.


Nah, lebih lengkapnya bagaimana Contoh Program Kerja PAS & PAT (Semester Ganjil/Genap) SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK ini silahkan ambil dibawah ini:


Administrasi diatas hanyalah sekedar contoh, yang pasti masih banyak kekurangannya. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah.

Program Kerja PAS & PAT Semester Ganjil dan Genap SD MI SMP MTs SMA SMK Terbaru

Penutup

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Program Kerja PAS & PAT Semester Ganjil dan Genap SD MI SMP MTs SMA SMK Terbaru. Semoga Bisa Menambah Pengetahuan Kita Semua.Semua.👋

Apa Reaksimu setelah membaca Program Kerja PAS & PAT Semester Ganjil dan Genap SD MI SMP MTs SMA SMK Terbaru.

About the Author

Terimakasih Saya Ucapkan telah mengunjungi website saya, Semoga SobatTerhibur....

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close