🔔 Dapatkan Template ini Disini dan Ikuti kami di Google News!

Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan / Mutasi Masuk docx

Dalam dunia pendidikan kita mengenal istilah mutasi siswa masuk dan mutasi siswa keluar. Untuk mutasi siswa keluar terdapat beberapa persyaratan yang
Please wait 0 seconds...
Gulir ke bawah dan klik Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Surat keterangan mutasi siswa
Surat keterangan mutasi siswa

 BerkasPedia.com - Dalam dunia pendidikan kita mengenal istilah mutasi siswa masuk dan mutasi siswa keluar. Untuk mutasi siswa keluar terdapat beberapa persyaratan yang harus kita penuhi. 

Diantaranya sekolah atau madrasah yang dituju harus membuat surat keterangan penerimaan siswa pindahan. Dan untuk sekolah atau madrasah yang siswa tinggalkan harus membuat surat keterangan pindah sekolah atau madrasah.

Mutasi siswa masuk adalah siswa pindahan dari sekolah atau madrasah lain dan bukan siswa baru. Adapun mutasi siswa keluar adalah siswa yang keluar karena pindah sekolah atau madrasah karena alasan tertentu. Siswa keluar tersebut bukan siswa yang tidak bersekolah lagi atau drop out (DO).

Penyebab Siswa Mutasi Keluar atau Pindah Sekolah atau Madrasah

Terdapat beberapa alasan kenapa siswa melakukan mutasi keluar atau pindah sekolah atau madrasah. Penyebabnya adalah sebagai berikut:

  1. Ikut orang tua karena pindah tempat tinggal atau domisili atau pindah tugas;
  2. Siswa ingin pindah ke sekolah yang lebih baik dari sekolah atau madrasah sebelumnya;
  3. Alasan lainnya.
Sebelum siswa melakukan pindah sekolah maka sekolah atau madrasah harus mengetahui apa penyebab siswa ingin pindah sekolah. Karena alasan pindah ini akan tercantum dalam Surat Keterangan Pindah. 

Agar siswa dapat pindah belajar dengan aman dan resmi, terdapat beberapa prosedur yang harus di lalui. Pindah sekolah itu bukan sekedar pindah saja, namun salah satunya siswa harus memiliki Surat Keterangan Pindah.

Khusus siswa, sebelum pindah sekolah atau madrasah siswa harus tahu dimana nanti Kamu akan melanjutkan sekolah. Kamu harus datang langsung ke sekolah atau madrasah dan bertanya apakah siap menerima siswa pindahan atau tidak. Pernyataan bahwa sekolah baru siap menerima harus terbukti dengan adanya Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan.

Download Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan

Setiap sekolah atau madrasah memiliki kebijakan yang berbeda khususnya lagi dalam hal mutasi siswa. Terkadang sekolah atau madrasah tidak bisa menerima siswa pindahan karena alasan tertentu seperti jumlah siswa sudah penuh atau hal lainnya. 

Untuk memastikan bahwa sekolah atau madrasah dapat menerima siswa pindahan maka sekolah atau madrasah bersangkutan harus membuat Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan. Selanjutnya surat keterangan tersebut dikirim ke sekolah yang mengeluarkan untuk dibuat Surat Keterangan Pindah.

Kemudian untuk sekolah atau madrasah yang ditinggalkan juga harus menyiapkan sejumlah berkas lain seperti Buku Rapor Siswa, Surat Permohonan Pindah dari Orangtua dan Pernyataan Mutasi Online dari Dapodik untuk Sekolah dan EMIS untuk Madrasah.

Selanjutnya jika siswa bersangkutan sudah benar diterima di sekolah atau madrasah lain maka Operator Sekolah atau Madrasah harus melakukan eksekusi Mutasi Siswa Keluar/Masuk di halaman Dapodik atau EMIS.

Untuk sekolah atau madrasah yang belum mengetahui contoh format Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan, bisa download pada tombol di bawah ini:

File Surat Keterangan Mutasi.zip File 200 kb .zip

Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan / Mutasi Masuk docx

Penutup

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan / Mutasi Masuk docx. Semoga Bisa Menambah Pengetahuan Kita Semua.Semua.👋

Apa Reaksimu setelah membaca Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan / Mutasi Masuk docx.

About the Author

Terimakasih Saya Ucapkan telah mengunjungi website saya, Semoga SobatTerhibur....

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close