🔔 Lihat berbagai Produk kami Disini dan Ikuti kami di Google News!

Ibu Soed, Pencipta Lagu Tanah Airku

Please wait 0 seconds...
Gulir ke bawah dan klik Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Ibu Soed, Pencipta Lagu Tanah Airku

Burung Kutilang, Tik Tik Bunyi Hujan, Berkibarlah Benderaku, Tanah Airku, Desaku. Beberapa dari kita mungkin masih ingat lagu-lagu ini. Lagu-lagu anak yang abadi dan masih banyak diajarkan kepada generasi muda saat ini. Tapi, tahukah T-Friends, siapa pencipta lagu-lagu ini?


Lagu-lagu di atas diciptakan oleh orang yang sama, Saridjah Niung Bintang Soedibjo atau yang lebih dikenal dengan nama Ibu Soed.


Lahir di Sukabumi pada 26 Maret 1908, Ibu Soed memang sudah mencintai dunia seni dan sastra. Putri bungsu dari 12 bersaudara ini diangkat menjadi anak oleh seorang pensiunan Wakil Ketua Kejaksaan Tinggi Belanda di Jakarta bernama Prof. Dr. Mr. J.F. Kramer. Ibu Soed banyak belajar tentang musik dari ayah angkatnya tersebut.


Kecintaannya terhadap musik memantapkan keinginan Ibu Soed untuk semakin memperdalam ilmunya di bidang musik dengan bersekolah di Hoogere Kweek School (HKS) Bandung. Setelah lulus, Ibu Soed memutuskan untuk mengajar di Hollandsch-Inlandsche School (HIS). Sejak saat itu, Ibu Soed mulai aktif mengarang dan menciptakan lagu-lagu nasional yang kerap kita dengar hingga hari ini.


Awal mulanya, lagu ciptaan Ibu Soed disiarkan dari radio NIROM Jakarta period 1927–1928. Lagu-lagunya kemudian membuat Ibu Soed dikenal sebagai tokoh musik tiga zaman (Belanda, Jepang, dan zaman kemerdekaan Indonesia). Saat Sumpah Pemuda pada 1928, Ibu Soed mengiringi lagu Indonesia Raya ciptaan WR. Soepratman dengan menggunakan biola.


Hingga wafat pada 1993, Ibu Soed telah menciptakan kurang lebih 200 lagu, mulai dari lagu kebangsaan yang memicu semangat perjuangan hingga lagu anak-anak. Hingga hari ini, Ibu Soed telah memberikan warna, tidak hanya pada dunia musik di tanah air, namun juga bagi masa kecil anak-anak Indonesia. Terima kasih, Ibu Soed, karyamu akan selalu abadi.

Ibu Soed, Pencipta Lagu Tanah Airku

Penutup

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Ibu Soed, Pencipta Lagu Tanah Airku. Semoga Bisa Menambah Pengetahuan Kita Semua.Semua.👋

Apa Reaksimu setelah membaca Ibu Soed, Pencipta Lagu Tanah Airku.

About the Author

Terimakasih Saya Ucapkan telah mengunjungi website saya, Semoga SobatTerhibur....

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close